Pages

Monday, May 16, 2011

Spinach and Strawberry Bayam dan Stroberi Antikanker

Tahu tidak sih, ternyata buah dan sayur memiliki banyak keunggulan.Selain berkadar serat tinggi yang sangat bermanfaat mengikat racun dan radikal bebas yang beredar di seluruh tubuh serta menurunkan kadar kolesterol darah, maka buah dan sayur juga mengandung pektin, aneka enzim, asam amino, biovlanoid dan berbagai vitamin mineral.

Radikal bebas dapat menimbulkan kerusakan di berbagai bagian sel. Radikal bebas itu ternyata berdampak pada penuaan. Adapun antioksidan, yaitu senyawa yang dapat mengkatalisis pemusnahan radikal bebas, mencegah pembentukan radikal bebas. Hasil penelitian sudah menunjukkan, vitamin C dan E mampu berperan sebagai antioksidan. Dan konsumsi antioksidan yang memdai dapat mengurangi peluang munculnya berbagai penyakit degeneratif.

Sementara bayam dan stroberi juga terbukti mampu berperan sebagai antioksidan. Pada penelitian awal, para peneliti menemukan bahwa stroberi dan bayam memang mengandung antioksidan. Bahkan, kadarnya paling tinggi dibanding 40 jenis buah dan sayur yang biasa dikonsumsi masyarakat Amerika Serikat.Hasil penelitian gizi di Indonesia, diketahui bahwa bayam merupakan sumber vitamin A dan C, mineral besi, kalsium, dan kalium. Kandungan mineral besi pada bayam dua kali lebih banyak dibandingkan sayuran lain.

Karena itu, bayam baik banget untuk menjaga kondisi limpa, saluran kencing, dan sistem pencernaan. Bayam juga mempunyai pengaruh laksatif sehingga baik bila digunakan untuk menurunkan berat badan. Jadi, tunggu apa lagi? Perbanyaklah konsumsi bayam sekarang, kawan!

foto : http://mallorina.wordpress.com , http://meity.blog.uns.ac.id

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.