Pages

Wednesday, May 4, 2011

Buah Nanas Sumber Antioksidan


Nanas (Ananas comosus (L) Merr) termasuk salah satu famili Bromeliaceae. Buah ini mengandung Vitamin C dan vitamin A (retinol) yang berguna sebagai antioksidan, dapta melindungi tubuh dari serangan penyakit, termasuk kanker, jantung koroner, dan penuaan dini.

Tubuh manusia sangat rentan terhadap pengaruh radikal bebas. Dalam keadaan normal, radikal bebas selain dibutuhkan tubuh untuk membunuh kuman, ia cepat akan dibuang. Tapi sialnya, kalau jumlahnya banyak dan bertemu dengan asam lemak tak jenuh, yang ada di membran sel, terjadilah penuaan dini.

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah, kandungan senyawa fenolik dalam buah nanas dapat menekan terjadinya penyakit kanker. Terus selain itu, asam askorbat dan betakarotenoid dalam buah nanas dapat menghindari mata kita dari katarak.

Ada juga bromelin dalam buah nanas dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka operasi serta pembengkakan dan nyeri sendi. Bromelin pun dapat menghentikan pendarahan dan seratnya dapat memperlancar buang air besar. Jadi penderita wasir atau ambeien disarankan mengonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari.

sumber : Sehat dengan Makanan Berkhasiat, penerbit buku kompas
foto : 3.bp.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.