Pages

Wednesday, April 13, 2011

Noni For Traditional Medicine Mengkudu Sebagai Obat Tradisional


Mengkudu merupakan tanaman berdaun hijau , hidup di daerah pantai sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Morinda Citrifolia adalah jenis tanaman obat mengkudu yang paling efektif dilihat dari khasiatnya.

Di Hawaii, Amerika Serikat, buah ,emgkudu disebut buah noni. Buah ini dipercaya bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi, kejang, menstruasi, arthritis, radang lambung, luka, depresi mental, senilitis, kurang nafsu makan, atherosklerosis, gangguan saluran darah, ketergantungan obat dan lain-lain, juga meredakan rasa sakit.

Secara tradisional, mengkudu diminum dalam bentuk jus. Tapi karena bau buah yang sudah matang tinak enak, produk sari mengkudu sering ditambah sari asam jawa / tamarin juice.

Cara penyembuhan penyakit itu sendiri masih belum jelas benar. Yang pasti dalam jus buah ini ada bermacam-macam enzim dam semyawa alkaloid yang diduga mampu bekerja secara sinergistik dalam penyembuhan penyakit. Dari hasil penelitian diketahui mengkudu secara umum dapat merangsang sistem kekebalan, pengaturan fungsi sel dan regenerasi seluler dari sel-sel yang rusak.

sumber : Sehat dengan Makanan Berkhasiat , penerbit buku kompas.
foto : www.ekafood.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.