Pages

Saturday, April 30, 2011

Honey and Vinegar wound healer Madu dan Cuka Penyembuh Luka

Madu dan cuka adalah perangkat dapur yang dapat digunakan untuk obat. Jadi sebelum kamu mengamil obat di kotak obat, cobalah cari madu dan cuka di dapur...

Madu biasanya untuk menyembuhkan luka. Mau tahu tidak alasannya? Yaitu karena:
Pertama, madu yang dioleskan di atas luka bertindak sebagai pagar untuk melindungi luka dari luar dan mencegah infeksi. Kedua, madu juga menghilangkan rasa sakit karena sifatnya sebagai antiradang alami. Di lain pihak, madu juga membuat luka tetap lembab saat proses penyembuhan, tetapi tidak menghambat proses tersebut.

Cuka yang biasa disebut cuka apel juga bisa menyambuhkan luka, lho! cuka apel menyembuhkan luka dengan cara mencegah penyebaran bakteri di atas luka. Selain itu, cuka apel juga mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa gatal yang biasanya timbul saat luka mulai sembuh.

Jadi, perbedaan mendasar antara cuka apel dan madu dalam penyembuhan luka adalah madu bertindak sebagai penghilang rasa sakit, sedangkan cuka menghilangkan rasa gatal.

Yang mana sebaiknya yang kamu pakai? Keduanya bagus, tergantung seberapa parah luka yang kamu derita atau pada tahap apa luka tersebut.

sumber : Sehat dengan Makanan Berkhasiat , penerbit Buku Kompas.
foto: blog.cordovafoods.com , houseandliving.blogspot.com

1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.